VISI
Visi merupakan gambaran tentang masa depan (future) yang realistik dan ingin diwujudkan dalam kurun waktu tertentu. Visi adalah pernyataan yang diucapkan atau ditulis hari ini, yang merupakan proses manajemen saat ini yang menjangkau masa yang akan datang (Akdon, 2006:94).
VISI ADALAH PERNYATAAN YANG MERUPAKAN SARANA UNTUK :
- Mengkomunikasikan alasan keberadaan organisasi dalam arti tujuan dan tugas pokok.
- Memperlihatkan framework hubungan antara organisasi dengan stakeholders (sumber daya manusia organisasi, konsumen/citizen, pihak lain yang terkait).
- Menyatakan sasaran utama kinerja organisasi dalam arti pertumbuhan dan perkembangan.
- Pernyataan visi, baik yang tertulis atau diucapkan perlu ditafsirkan dengan baik, tidak mengandung multi makna sehingga dapat menjadi acuan yang mempersatukan semua pihak dalam sebuah organisasi.
- HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MERUMUSKAN VISI, YAITU :
- Visi harus dapat memberikan panduan/arahan dan motivasi.
- Visi harus disebarkan di kalangan anggota organisasi (stakeholder)
- Visi harus digunakan untuk menyebarluaskan keputusan dan tindakan organisasi yang penting.
KESIMPULAN.
RUMUSAN VISI YANG BAIK SEHARUSNYA MEMBERIKAN ISYARAT :
- Visi berorientasi ke masa depan, untuk jangka waktu yang lama.
- Menunjukkan keyakinan masa depan yang jauh lebih baik, sesuai dengan norma dan harapan masyarakat.
- Visi organisasi harus mencerminkan standar keunggulan dan cita-cita yang ingin dicapai.
- Visi harus mencerminkan dorongan yang kuat akan tumbuhnya inspirasi, semangat dan komitmen bagi stakeholder.
- Mampu menjadi dasar dan mendorong terjadinya perubahan dan pengembangan ke arah yang lebih baik.
- Menjadi dasar perumusan misi dan tujuan organisasi.
- Dalam merumuskan visi harus disertai indikator pencapaian visi.
MISI
Misi adalah pernyataan mengenai hal-hal yang harus dicapai organisasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan di masa datang (Akdon, 2006: 97). Pernyataan misi mencerminkan tentang penjelasan produk atau pelayanan yang ditawarkan.
Pernyataan misi yang dianggap memiliki banyak keuntungan bagi perusahaan . Hal ini mungkin menjelaskan mengapa mereka begitu populer meskipun kurangnya kesepakatan tentang tujuan dan isinya. Empat dari keuntungan yang paling sering dikutip adalah ( Bartkus , Glassman dan McAfee , 2000; 24 ) :
1. Untuk berkomunikasi arah dan tujuan perusahaan.
2 . Untuk melayani sebagai mekanisme kontrol untuk menjaga perusahaan “agar tetap di jalur .
3. Untuk membantu dalam membuat berbagai keputusan sehari – hari .
4. Untuk menginspirasi dan memotivasi karyawan .
HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MERUMUSKAN MISI:
- Menunjukkan secara jelas mengenai apa yang hendak dicapai oleh organisasi dan bidang kegiatan utama dari organisasi yang bersangkutan.
- Secara eksplisit mengandung apa yang harus dilakukan untuk mencapainya.
- Mengundang partisipasi masyarakat luas terhadap perkembangan bidang utama yang digeluti organisasi (Akdon, 2006:98).
CONTOH PERUSAHAAN
• Perusahaan DOA IBU didirikan di Jakarta dengan modal 750 juta rupiah dan memiliki visi menjadi perusahaan pemasok peralatan dapur dan ruang makan untuk hotel serta penginapan di seluruh propinsi Indonesia. Ini adalah visi globalnya.
• Perusahan DOA IBU menargetkan bahwa dalam 5 tahun mereka akan membuka 3 cabang baru di kota-kota besar Jawa dan Sumatra. Ini adalah target tujuan jangka waktu tertentunya. Perhatikan bahwa awal pembuatan strategi sudah mulai terbentuk di sini.
• Dari tujuan jangka waktu tertentu tersebut, Perusahaan DOA IBU kemudian bisa mulai merumuskan strategi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan jangka pendek tersebut, namun tetap dengan bersandar pada visi global bahwa Perusahaan DOA IBU harus menjadi perusahaan penyuplai peralatan dapur dan makan untuk hotel-hotel di seluruh Indonesia.
• Perusahaan DOA IBU kemudian menetapkan bahwa cabang luar Jakarta pertama yang akan dibuka adalah cabang Bandung.
Ini berarti bahwa Perusahaan DOA IBU harus bisa BEP sekaligus mengumpulkan profit 500 juta dan modal untuk membuka cabang baru dalam waktu paling tidak 2 tahun.
Dari sini, sudah terlihat bahwa dari tujuan strategis Perusahaan DOA IBU sudah terbentuk, yaitu mengumpulkan profit untuk BEP plus modal untuk membuka cabang Bandung dalam waktu 2 tahun, dan kemudian meluaskan cabang hingga ke 3 kota dalam waktu 5 tahun.
EmoticonEmoticon